INTENSIFIKASI PEKARANGAN DAN PEMBUATAN HOME DECOMPOSER KKN UNSOED DESA KEMIRI 2023

INTENSIFIKASI PEKARANGAN DAN PEMBUATAN HOME DECOMPOSER KKN UNSOED DESA KEMIRI 2023

Bidang Lingkungan KKN UNSOED memiliki salah satu program kerja, yaitu Intensifikasi Pekarangan dan Pembuatan Home Decomposer. Tujuan dari intensifikasi pekarangan adalah mengoptimalkan penggunaan lahan dengan melakukan penanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan pangan maupun kelestarian lingkungan. Adapun tujuan dari Pembuatan Home Decomposer adalah pengelolaan sampah organik untuk dijadikan sebagai pupuk kompos.

Terdapat 10 lahan pekarangan tersebar yang dimanfaatkan menjadi lahan tanam dan pembuatan home decomposer, yaitu:

- RW 1 : 2 titik

- RW 2 : 2 titik

- RW 3 : 3 titik

- RW 4 : 3 titik

Jenis tanaman yang akan ditanam pada intensifikasi pekarangan Desa Kemiri adalah tanaman cabai dan mentimun. Masing-masing pekarangan ditanami 20 bibit cabai dan 10 polybag mentimun. Media tanamnya menggunakan tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan tanah : pupuk kandang : sekam (2:1:1). Kegiatan intensifikasi pekarangan dilaksanakan pada tanggal 10 Juli - 11 Juli 2023 dan berjalan dengan lancar. Kegiatan dilaksanakan dengan FGD bersama warga pemilik pekarangan, sosialisasi dan praktik langsung di lahan pekarangan bersama warga. Warga sangat antusias dalam melaksanakan rangkaian kegiatan. 

Pembuatan Home Decomposer di lahan rumah warga dilakukan sebagai pemanfaatan limbah rumah tangga untuk dijadikan pupuk kompos yang dapat diberikan kepada tanaman – tanaman. Hanya sampah organik dapat dibuang ke dalam home decomposer, seperti sisa makanan, dedaunan, buah, daging, tulang, dan sampah organik lainnya. Pastikan tidak memasukkan bahan-bahan non-organik seperti plastik atau bahan kimia berbahaya ke dalam home decomposer. Setelah 3 minggu, sampah organik tersebut sudah berubah menjadi pupuk kompos yang dapat diberikan kepada tanaman. Pembuatan home decomposer dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 dan 22 Juli 2023. Kegiatan dilaksanakan dengan FGD bersama warga pemilik pekarangan, sosialisasi mengenai home decomposer dan praktik pembuatan langsung di pekarangan bersama warga. 

Related Posts

Komentar